Jumat, 30 November 2012

Lancar broooo~

Tadi pagi didefinisikan sebagai hari pertama Ulangan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013 di SMAN 8 Tangerang. Diawali dengan tes menghafal 3 ayat terakhir Surat Al-Baqarah (ayat 284-286) beserta terjemahan dan hukum tajwidnya bagi kelas XI dan XII IPA maupun IPS. Kelas gua disandingkan dengan sang senior, XII IPA 3, dalam hal guru yang mengujikannya, yaitu Pak M. Natsir. 

Kira-kira Pak Natsir masuk sekitar jam 9-an ke XI IPA 3, kelas gua, setelah bertandang ke kelas sang senior. Ia membuka sesi tes dengan dipanggilnya yang punya blog ini. Sontak gua terkejut bukan main mendengar panggilan beliau. Masalahnya, saat itu gua belum terlalu hafal tuh terjemahannya, khususnya di ayat 285 & 286. Tapi, sebagai seorang cowok ya harus punya mental yang tinggi dalam menghadapi segala hal, siap ngga siap.

Alhamdulillah!! Gua kedapetan tes ngapalin ayat 284 doang yang notabene udah lumayan hafal. Yuhuu~ 

Langsung aja gua babat tuh ayat sama terjemahannya, ya walaupun tersendat-sendat. 

Bunyinya :

لِّلَّهِ ما فِي السَّمَاواتِ وَمَا فِي الأَرْضِ وَإِن تُبْدُواْ مَا فِي أَنفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُم بِهِ اللّهُ فَيَغْفِرُ لِمَن يَشَاء
 وَيُعَذِّبُ مَن يَشَاء وَاللّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya :
" Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikannya, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. 2 : 284) "


Berlanjut ke hukum tajwid, Alhamdulillah juga sukses. Mulai dari hukum Lafaz Jalallah Tarqiq hingga seterusnya, semua lancar. Ternyata, Pak Natsir meminta para peserta tes menganalisis hukum-hukum tajwid apa saja dari ayat tersebut.

Kemudian secara bergiliran teman-teman yang lain maju tes. Ada yang lancar dan ada pula yang tersendat-sendat, bahkan ada juga yang nge-blank, sampe Pak Natsir minta tes ulang sesudah temen-temen yang telah berhasil menjalankan tugasnya hingga panggilan terakhir.

Akhirnya, tes hafalan rampung juga dan dibolehkan pulang deh :D
Bye!!
Sampai jumpa di 'arena' yang sesungguhnya, 3 HARI LAGI!!

Coming Up : Ulangan Umum Semester Ganjil

Pelaksanaan ulangan umum semester ganjil di SMAN 8 Tangerang sudah dimulai sejak hari ini, dengan materi hafalan 3 ayat terakhir Surat Al-Baqarah beserta terjemahan dan hukum tajwidnya. Secara resmi oleh Pemerintah Kota Tangerang, pelaksanaannya dimulai 3 hari lagi atau jatuh pada hari Senin, 3 Desember 2012 secara serentak oleh seluruh sekolah, baik tingkat SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/MA. 


Kali ini gua nge-post tentang Jadwal Ulangan Umum Semester Ganjil Kelas XI IPA Tahun Ajaran 2012/2013.

HARI, TANGGAL
JAM KE
WAKTU
MAPEL
SENIN
3 DESEMBER 2012
1
2
3
07.00 – 08.30
08.45 – 10.45
11.00 – 12.30
PEND. AGAMA
BHS. INGGRIS
PENJAS ORKES
SELASA
4 DESEMBER 2012
1
2
3
07.00 – 08.30
08.45 – 10.45
11.00 – 12.30
PKN
MATEMATIKA
-
RABU
5 DESEMBER 2012
1
2
3
07.00 – 09.00
09.15 – 10.45
11.00 – 12.30
FISIKA
TIK
-
KAMIS
6 DESEMBER 2012
1
2
3
07.00 – 09.00
09.15 – 10.45
11.00 – 12.30
BHS. INDONESIA
BIOLOGI
-
JUM’AT
7 DESEMBER 2012
1
2
07.00 – 09.00
09.15 – 10.45
KIMIA
SEJARAH
SABTU
8 DESEMBER 2012
1

07.00 – 08.30

BHS. JEPANG


Jadi, belajarlah mulai dari kemaren kemaren, dicicil. Soalnya kalau belajar dari sekarang-sekarang sayangnya waktunya dah mepet. Timbullah belajar ala SKS (Sistem Kebut Semalam) yang cukup menyesakkan.

Makanya, ngga mau kan?

Kamis, 29 November 2012

Ngaso Saat KBM (?)

Dari 4 mata pelajaran yang seharusnya dipelajari pada hari ini ternyata cuma 2 mata pelajaran pertama saja yang dianggap 'serius', yakni Biologi yang kegiatannya melakukan praktikum golongan darah serta Bahasa Jepang (日本人) yang mempelajari tentang struktur/pola-pola kalimat gitu deh. Sementara 2 yang terakhir, Bahasa Indonesia dan TIK malah kebalikannya. Lho?

Ya, SMAN 8 Tangerang sedang mengikuti Lomba Tata Upacara Bendera (LTUB) di kandangnya sendiri tadi pagi dengan khidmat dan hening, dari jam 11-an sampai jam 12-an lah (terkait post sebelum-sebelumnya). Gua dan anak-anak ESTHETIC yang bukan peserta LTUB hanya nganggur di kelas dan asyik-asyikan ngaso di kelas, alias tanpa guru. Kebetulan guru yang bersangkutan, Pak Bandi, menjadi pembina upacara dalam LTUB tersebut sehingga beliau berhalangan mengajar Bahasa Indonesia di kelas kami.

Sedangkan, sang pemberi tugas yang sedang gua lakukan ini, guru TIK, berhalangan mengajar karena yang saya tau dari yang lain katanya anaknya sakit. 

Dan keadaan seperti ini langsung saja gua dan yang lain manfaatkan untuk ngaso, bahkan sekalian aja tidur. Wajar, soalnya bawaannya waktu itu ngantuk banget. 

Jangan ditiru yaa teman-teman! :-)

Tentang Ekstrakurikuler MTQ


Setiap Selasa, ekstrakulikuler yang tentu saja merupakan cabang dari ekstrakulikuler ROHIS SMAN 8 Tangerang atau yang biasa dikenal dengan FORISTA (Forum Remaja Islam DELTA) ini beroperasi. Tidak terlalu ramai anggotanya, namun sang pengajar, Pak M. Nur inilah yang membuat ekskul ini terus eksis di kalangan pelajar SMAN 8 Tangerang. Ya, Pak Nur, begitulah saya dan anggota ekskul MTQ lainnya memanggil, seorang qori’ tulen yang mengaku berasal dari tanah Sumbawa, tepatnya di Bima, Nusa Tenggara Barat.

Gua, selaku salah satu anggota ekskul lumayan antusias lah ngikutin kegiatannya, seperti dengerin dan mencoba meniru Pak Nur memeragakan bacaan tilawahnya yang disertai lagu-lagu, bahkan secara bergiliran beliau sering menunjuk anak yang dikehendakinya untuk membaca ayat demi ayat seraya dikoreksi. Surat-surat yang sering beliau pergunakan dalam ekskul pasti ngga jauh dari 3 surat ini : Al-Israa (17), Maryam (19), dan Ar-Rahmaan (55).

Intinya gua dah enjoy banget dah ikut ekskul MTQ. Meskipun terkadang ada aja halangan yang membuat gua madol sebanyak 3 pertemuan (kalo ngga salah). Entah lupa lah, ada tugas yang ngga bias ditunda lah, kebablasan nonton pertandingan futsal lah (ya, pada waktu itu ada Liga Pussel DELTA 2012, sebagaimana yang telah disinggung pada postingan sebelumnya), dan cuma itu aja kok palingan. 

Tak Bisa Diandalkan -_-


Ck, nih modem USB memang ngga bisa diandelin kalo ada tugas-tugas dari guru-guru SMAN 8 Tangerang yang kini tentunya mengedepankan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Lah, kalo koneksinya super lambat kayak gini? Apa yang mau diandelin? Atau karena kediaman gua yang secara geografis berada di Binong? Lho, emang ada hubungannya?


<masuk mode curhat> Ya ada lah! Cuma mau kasih info aja, kalo modem yang sekarang gua pakai tuh minjem ke Iqbal, temen gua yang sekarang bertempat di XI IPA 5 dan rumahnya di Perum. Asal tau aja yang bikin gua gedek ama noh penyedia layanan Internet (tak disebutkan mereknya), bukan modemnya ya hehe, itu perbedaan koneksi Internet antara wilayah Perum dan Binong (area dekat rumah gua) yang agak mencolok. Gua lupa berapa kbps persisnya di masing-masing wilayah tersebut. Yang jelas, pernah gua liat suatu ketika Iqbal mengakses Internet dengan tuh modem (sekali lagi, bukan menyalahkan modem) di SMAN 8 Tangerang semasa kami menginjak kelas X. Batang-batang sinyal dalam keadaan penuh pada posisi EVDO mengindikasikan bahwa kecepatan koneksi sangat tinggi sekali.


Kontras, keadaan tersebut sangat bertolakbelakang dengan keadaan di sini, di bumi Binong, yang benar-benar spesial khususnya gua. Memprihatinkan. Ngga ada angin apa, gua liat tuh sinyal kayaknya ragu-ragu dan segan-segan amat munculnya. Baru muncul 1 batang, eh beberapa detik kemudian lenyap entah kenapa. Benar-benar koneksi PHP. 


Ya sudahlah, sebagai manusia yang arif dan bersahaja (wedeeeh, nyombong dikit xixixi), kalo udah kayak gini gua ngga mau menyalahkan siapa-siapa kecuali terhadap sang penyedia layanan Internet. Si modem ngga bakal gua salahin, wong cuma benda mati kok. Ujung-ujungnya qana’ah aja lah, dengan selingan pengharapan supaya suatu saat diganti menjadi yang lebih baik lagi. Iya ngga?

Sejumput Harapan untuk LTUB-nya DELTA


Tingkat SD diwakili SDN Tangerang 6 (kalo ngga salah). Tingkat SMP diwakili SMPN 9 Tangerang (alumni sono nih ane). Tingkat SMA diwakili SMAN 8 Tangerang. Begitulah susunan perwakilan Lomba Tata Upacara Bendera (LTUB) dari Kota Tangerang, yang bakal dilaksanakan di sekolah masing-masing pada Kamis pagi/siang ini, 29 November 2012. 

Mengapa di sekolah masing-masing? Karena (kalo ngga salah) pihak penilai/juri LTUB dari Provinsi Banten akan melakukan penilaiannya ke sekolah masing-masing pula. Eh, by the way, nama sekolah tercinta terselip di sana lho. Bangga nian rasanya.

Di post yang singkat ini, gua cuma mau memberi dukungan moril yang penuh terhadap kalian, para kontingen tingkat SMA dari Kota Tangerang, terutama para anggota ESTHETIC yang turut berpartisipasi supaya dilancarkan segala sesuatunya. Intinya secara keseluruhan, semoga LTUB-nya sempurna dan sukses, sehingga nama SMAN 8 Tangerang bisa berkibar dengan tangguhnya di tingkat nasional, bahkan internasional kalo bisa. Amin.


GOOD LUCK FOR ALL OF YOU! 

BE A REAL CHAMPION!

Indonesia Jaya, My Choice Song


Lagu yang pertama kali gua denger di acara Akademi Fantasi Indo*iar Junior ini (lupa nama penyanyinya) merupakan lagu yang Insya Allah akan gua lantunkan saat ujian praktik pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan semester ganjil, yang dikhususkan untuk kelas XI SMAN 8 Tangerang. Bertemakan persatuan dan kesatuan Indonesia, lagu ini (mungkin) gua klaim cocok untuk orang yang memiliki tipe nasionalis kayak gua hehe (belum tingkat tinggi sih, takut chauvinisme).

Hmm, sebentar. Kalo ngga salah gua udah pernah singgung tentang ini deh di post sebelumnya. Yup, benar sekali. Tentang partitur yang suram itu. Tapi, pada postingan kali ini gua mau suguhin lirik tuh lagu, nih :


INDONESIA JAYA
Cipt. : Chaken M.
Hari- hari terus berlalu
tiada pernah berhenti
Seribu rintang jalan berliku
Bukanlah suatu penghalang

Hadapilah segala tantangan
Mohon petunjuk yang Kuasa
Ciptakanlah kerukunan bangsa

Kobarkanlah dalam dada
semangat jiwa Pancasila

Hidup tiada mungkin
Tanpa perjuangan
Tanpa pengorbanan
Mulia adanya

Berpeganglah tangan
satu dalam cita
Demi masa depan
Indonesia Jaya